Salju

Monday, March 23, 2015

Cara Unbricked Lenovo P780



Waktu itu coba flashing lenovo P780 8GB tapi karena salah firmware jadinya lenovo saya sempet bricked. Tapi kalo dicolok ke PC, masih dapat dideteksi sebagai Network Adapter : Alcatel Single RNDIS Interface. Jadi ga bisa flashing.
Setelah searching-searching ke google, ada yang bilang install mtk usb driver dan adb driver, tapi masih gak berhasil juga. Akhirnya dapatlah cara yang ampuh hehehe. Yang perlu disiapkan :

  1.  Driver MTK6589
  2. SP Flash Tools
  3. Firmware yang ingin diinstall 

Cara yang harus ditempuh :

  • Hapus semua driver usb mtk dan adb driver yang sudah pernah diinstall, drivernya meliputi : DA USB Vcom, MTK USB, dan Preloader USB. Hapus driver – driver tersebut dengan menggunakan software USB Deview.
  • Setelah itu, colokan P780 ke PC. Pada device manager akan terlihat bahwa PC akan mendeteksi sebagai Alcatel Single RNDIS Interface. Cara buka device manger : klik kanan pada ikon computer di windows explorer >> manage >> device manager. 
  • Uninstall driver tersebut dengan cara klik kanan pada driver Alcatel tersebut, lalu pilih uninstall. Sebelum klik OK, klik dulu kotak yang ada pada tampilan tersebut. Setelah itu PC akan minta restart dan restart lah PC.  
  • Setelah PC nyala kembali, buka flash tool. Pada scatter loading, pilih MT6589_Android_scatter_emmc yang ada pada Target_Bin folder firmware yang ingin diinstall. Jangan lupa checklist DA DL All With Check Sum. Setelah itu pilih Firmware ─> Upgrade.
  • Flash tool akan loading, tunggu hingga loading selesai. Loading selesai apabila tampilan pada ujung bawah flash tool  yang tertulis USB berubah menjadi Searching. Artinya flash tool mencari device yang akan di flashing.  
  • Colok lenovo ke PC. PC akan mencoba mendeteksi device tersebut layaknya device baru. Pada saat itupula, install Driver MTK6580. Bila sukses akan muncul pemberitajuan bahwa driver sukses diinstal. Setelah terinstall, flash tool akan memulai flashing device. Tunggu hingga lingkaran hijau muncul. Itu tandanya flashing berhasil dan kabel USB sudah boleh dicabut.
Semoga bermanfaat !^^ 

No comments:

Post a Comment